Wednesday 8 July 2015

PEMBELAJARAN SEJARAH (CONTOH SOAL ESAY IPS)



1.      Bagaimana cara menanggulangi kenalakan remaja yang sekarang ini cenderung mengaruh ke tindak criminal?
Jawaban:
Perubahan social dan budaya membawa dampak positif dan negative terhadap kehidupan kita. Kita sebagai remaja saat ini harus waspada terhadap hal-hal yang menimbulkan perubahan yang mengarah ke hal negative. . Pengawasan yang kurang dan mental yang dimiliki oleh remaja menjadi salah satu faktor timbulnya kenakalan tersebut. Kita harus mempunyai sikap tegas menolak terhadap perubahan yang membawa ke arah negative. Kita dapat mengambil pengaruh positifnya yaitu dengan tetap berpedoman pada nilai dan norma masyarakat , mengambil pengaruh positif dari budaya Barat, seperti tepat waktu , belajar keras , dan rajin belajar ilmu pengetahuan serta mengenal dan mencintai kebudayaan sendiri dengan berusaha melestarikannya dan yang terpenting adalah dengan membentengi diri dengan ilmu agama.
2.      Jika Anda adalah pengamat politik, bagaimana cara Anda menyikapi para tokoh politik yang cenderung saling berkonflik?

Jawaban:
Ketika para tokoh politik terus berkonflik, itu menandakan belum siapnya mereka untuk bersaing. Seharusnya mereka bisa saling bertukar pikiran mengenai dunia politik yang mereka dalami. Para tokoh politik harus melihat tujuan sebenarnya dari politik, bukan hanya kekuasaan tetapi memahami keinginan masyarakat luas. Bukan memperdebatkan perbedaan pendapat.
3.      Pada masyarakat majemuk, potensi konflik sangat besar. Sikap apa yang harus dikembangkan agar dapat terwujud kesinambungan bangsa dan Negara?
Jawaban:
Mengembangkan sikap toleransi, saling pengertian antarbudaya dan antar bangsa dalam membina suatu dunia baru. Dan ikutmenyumbangkan rasa cinta terhadap sesame dan sebagai alat untuk membina dunia yang aman dan sejahtera.
4.      Gambarkan dan beri contoh bahwa suatu penemuan baru dapat mengakibatkan perubahan dalam bidang-bidang lain!
Jawaban:
Penemuan baru dapat mempengaruhi dari satu bidang ke bidang lain. Misalnya, penemuan mobil, kereta api, dan telepon yang menyebabkan tumbuhnya lebih banyak pusat-pusat kehidupan di daerah pinggiran kota.
5.      Apa saja contoh-contoh nyata perubahan sosial?
Jawaban:
Perubahan sistem mata pencaharian manusia, dari sistem berburu dan nomaden (berpindah-pindah) menjadi sistem bertani dan menetap. Perubahan stratifikasi berdasarkan adat yang memerlukan waktu yang relatif lama karena adanya perasaan yang tertanam kuat (vested interest)

6.      Pada tanggal berapa organisasi PETA resmi berdiri ?
Jawab:
Pada tanggal 3 oktober 1943
7.      Sebagai warga masyarakat yang peduli dengan kedamaian dan ketentraman. Bagaimana pendapat Anda terhadap terjadi konflik antaretnis di Indonesia?
Jawaban:
Keberagaman itu memang memperlihatkan betapa banyaknya perbedaan yang harus dipahami. Dari segi bahasa, satu kata bisa berarti begitu indahnya bagi satu suku, tetapi sebaliknya kata yang mempunyai arti indah itu mempunyai arti yang begitu jelek bagi suku yang lain. Tak ada yang bisa memahami mengapa ada orang-orang yang begitu mudahnya menganggap dirinya jauh lebih baik dan jauh lebih berhak atas sesuatu di dunia ini. Bangsa ini harus belajar bagaimana menjadikan diri merasa cukup dan tidak hidup berlebihan agar tak ada rasa saling cemburu dan iri dengki. 
8.      Apa saja dampak pendudukan Jepang di Indonesia ?
Jawab:
Dampak positif dari adanya pendudukan Jepang di Indonesia adalah Indonesia mengerti tentang sistem pemerintahan atau mulai mengenal pada jaman pendudukan Jepang , lalu dampak negatifnya seperti dalam bidang sosil dan ekonomi kondisi masyarakat yang menyedihkan dan kekurangan bahan makanan serta berbagai penyakit yang menyerang mereka.
9.      Pada tanggal berapa siding BPUPKI mulai di lakukan ?
Jawab:
Tahap pertama atau siding pertama dilakukan pada tanggal 1 Juni 1945
10.  Sebutkan 3 tokoh yang betemu dengan Jendral Terauchi di Dalat (Vietnam) pada tanggal 9 Agustus 1945!
Jawab:
Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Dr. Radjiman Widiodiningrat
11.  Jika Anda seorang pejabat yang mempunyai kedudukan, bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah-masalah disintegrasi?
Jawaban:
Memajukan semangat multikulturalisme dengan menuntut masyarakat untuk hidup bertoleransi, saling pengertian dan saling memahami keadaan.
12.  Apa tugas utama  BPUPKI?
Jawab:
Untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting menyangkut kehidupan politik dan ekonomi dalam upaya pembentukan Negara Indonesia merdeka.
13.  Kenapa BPUPKI dibubarkan kemudian diganti menjadi PPKI?
Jawab:
karena telah berhasil mengesahkan rancangan dasar Negara dan UUD Negara.
14.  Apa saja organisasi semi militer yang di bentuk oleh Jepang ? 
Jawab:
Organisasi semi militer yang dibentuk oleh Jepang antara lain Seninendan , Keibodan , Barisan Pelopor , dan Hizbullah
15.  Faktor apakah yang membuat Jepang akhirnya menyerah tanpa syarat pada sekutu ?
Jawab:
 Faktor pemicu Jepang menyerah pada sekutu adalah pengeboman Hiroshima dan Nagasaki.
16.  Bagaimana kondisi awal saat Indonesia merdeka ? 
Jawab:
Bila dilihat secara politis , keadaan Indonesia pada awal kemerdekaan belum begitu mapan. Ketegangan , kekacauan , dan berbagai insiden banyak terjadi. Karena banyak bangsa asing yang tidak rela bila Indonesia merdeka.
17.  Apa saja nilai-nilai perjuangan yang patut kita ketahui ? 
Jawab:
Nilai-nilai perjuangan yang patut untuk kita ketahu antara lain Persatuan dan Kesatuan , lalu Rela berkorban dan tanpa Pamrih , Cinta pada tanah air , dan saling pengertian dan harga menghargai.
18.  Mengapa Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Jepang ? 
Jawab:
Karena sejak tahun 1939 terjadi perang dunia ke dua yang membuat kedua kelompok yaitu sekutu dan negara fasis saling menyerang dengan menggunakan senjata masala tau pemusna dan membuat kerusakan massal.
19.  Siapa saja anggota dari komisi konsuler ? 
Jawab:
Anggota dari komisi konsuler terdiri dari para Konsul Jenderal Amarika Serikat Dr. Walter Foote dengan konsul Jenderal Cina m Belgia  perancis , Inggris , dan Australia
20.  Siapa saja tokoh-tokoh perjuangan atau tokoh proklamasi ?
Jawab:
Tokoh Proklamasi antara lain Bung Karno , Drs. Moh Hatta , Ahmad Subarjo , Sukarni Kartowiryo , Sayuti Melik , Latif Hendraningrat , Burhanuddin Mohammad Diah , S. Suhud , Suwiryo , Muwardi , Frans Sumarto Mendur , Syahruddin , dan F. Wuss dan Yusuf Ronodipuro.
21.  Apa saja nilai-nilai perjuangan yang patut kita ketahui ?
Jawab:
Nilai-nilai perjuangan yang patut untuk kita ketahu antara lain Persatuan dan Kesatuan , lalu Rela berkorban dan tanpa Pamrih , Cinta pada tanah air , dan saling pengertian dan harga menghargai
22.  Siapa saja anggota dari komisi konsuler ?
Jawab:
 Anggota dari komisi konsuler terdiri dari para Konsul Jenderal Amarika Serikat Dr. Walter Foote dengan konsul Jenderal Cina m Belgia  perancis , Inggris , dan Australia
23.  Bagaimana keadaan pendidikan di Indonesia pada saat pemerintahan Jepang ?
jawab:
Keadaan pendidikan di Indonesia pada pemerintahan Jepang sangatlah buruk
24.  Pada tanggal berapa dan dimana Ir.Soekarno atau Bung Karno di lahirkan ?
Jawab:
Pada tanggal 6 Juni 1901 dan di Surabaya Ir.Soekarno atau Bung Karno ini di lahirkan
25.  Menurut Paul Bohannan dalam Soerjono Soekanto (1982,315), perubahan sosial evolusi adalah perubahan- perubahan yang memerlukan waktu yang lama, dimana terdapat suatu rentetan perubahan- perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Pada evolusi, perubahan- perubahan terjadi dengan sendirinya, tanpa suatu rencana ataupun suatu kehendak tertentu.
Sebutkan ciri-ciri sosial paul bohannan?
Jawab:
  1. Perubahan terjadi dengan sendirinya (perubahan alami)
  2. Perubahan  membutuhkan rentan waktu yang lama
  3. Perubahan  terjadi karena usaha manusia untuk mendapatkan kebutuhan sesuai dengan kondisi yang ada disekitar kehidupan manusia (kondisi-kondisi baru).
  4. Penggerak perubahan bukan tergantung institusi/struktur sosial namun kebutuhan dan kondisi riil yang ada.
26.  Jelaskan perubahan sosial secara terencana?
Jawab:
Perubahan sosial terencana merupakan perubahan yang diatur oleh aktor-aktor tertentu dalam mewujudkan tujuan yang sama. Aktor-aktor tersebut menyusun strategi, ide, dan program dengan sistimatis bahkan dijadikan sebagai acuan normatif seperti misalnya Negara melalui birokrasi untuk mewujudkan tujuan kesejahteraan masyarakat (merubah Negara miskin menjadi Negara berkembang, Negara berkembang menjadi Negara maju) direncanakan dan ditetapkan program-program bersama jadwal untuk mewujudkan tujuan tersebut.
27.  Jelaskan perubahan sosial secara tidak terencana?
Jawab:
Perubahan sosial tidak terencana adalah perubahan sikap dan perilaku manusia disebakan oleh lingkungan dan kondisi yang ada seperti misalnya perubahan perilaku komunikasi manusia, sebelum memasuki abad teknologi manusia tidak pernah membayangkan diabad sekarang ini (abad modern) manusia tidak lagi hanya komunikasi tatap muka namun bisa dilakukan dengan cara jarak jauh melalui Handpon (HP), Internet (Email, Twiter, Feecbook, dll).
28.    Jelaskan tentang hubungan perubahan sosial dengan pembangunan sosial budaya ?
Jawab :
Hubungan antara perubahan sosial dengan pembangunan sosial budaya yaitu :
Kita ketahui bahwa Pembangunan sosial sebagai Proses Perubahan Sosial dengan alasan, pertama realitas pembangunan dimanapun dan dilakukan oleh siapapun serta dalam bidang apapun pasti mengarah pada perubahan sosial baik dalam bidang meteriil maupun non materiil. Kedua, penggerak utama pembangunan adalah manusia, dalam konteks ini ide pembangunan dari manusia dan untuk manusia. Manusia melalui akal dan fikiran yang dimiliki berusaha untuk melakukan pembangunan dengan tujuan dapat mewujudkan kesejahteraan manusia (kebutuhan dan tuntutan hidup manusia) misalnya, pembangunan ekonomi masyarakat. Hal ini mendorong terjadinya perubahan-perubahan yang besar dan nyata dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat termasuk perubahan dalam organisasi atau kelembagaan masyarakat.
29.  Apa yang anda ketahui tentang perubahan sosial secara revolusi
Jawab:
Secara sederhana arti perubahan sosial revolusi adalah perubahan yang terjadi dengan cara cepat mengenai dasar-dasar atau sendi-sendi pokok daripada kehidupan manusia (Soerjono Soekanto, 1982, 317). Di dalam revolusi, perubahan sosial dapat terjadi dengan terencana dan tidak terencana (spontan). Dan perubahan revolusi yang terencana membutuhkan waktu yang agak lama namun secara psikologis dirasakan cepat, seperti misalnya revolusi industri yang dimulai di Inggris, dimana terjadi perubahan – perubahan dari tahap produksi tanpa mesin menuju ke tahap produksi dengan menggunakan mesin. Perubahan tersebut dianggap cepat, karena merubah sendi-sendi pokok daripada kehidupan masyarakat, seperti misalnya sistem kekeluargaan , hubungan antara buruh dengan majikan dan seterusnya (contoh dikutip dari Soerjono Soekanto).
30.  Sebutkan faktor-faktor penghambat perubahan sosial?
Jawab:
1.       Kurangnya Hubungan Dengan Masyarakat Lain
2.       Kepentingan Politik yang Tertanam Kuat
3.       Manusia Pasrah pada Nasib (takdir Tuhan)

No comments:

Post a Comment